Pages

Rabu, 29 Juli 2015

PERBEDAAN SISTEM GAME MODERN

Oculus Rift adalah output display seperti juga halnya layar komputer yang menampilkan dunia virtual 3 dimensi, hanya saja alat tersebut diletakkan sangat dekat dengan mata (seperti di gambar) disebut juga sebagai VR HMD (Virtual Reality – Head Mounted Display). Dengan desain optik yang tepat dan berkualitas mata kita bisa fokus pada display yang sangat dekat tersebut. Lalu apa istimewanya ?

Nah, sebenarnya di tahun-tahun sebelumnya juga sudah banyak beredar HMD, tetapi tidak ada yang bisa menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi pengguna, antara lain : rasa pusing dan mual jika digunakan dalam jangka waktu lama serta tidak ada mempunyai feel immerse dan presence (merasakan keberadaan di dunia virtual). Oculus menyelesaikan masalah itu semua dengan adanya sensor-sensor dan layar LCD zero latency (tanpa lag) sehingga pengguna secara natural akan merasakan seperti berada dalam dunia virtual.

Sensor utama adalah untuk mendeteksi putaran kepala kemana kita menoleh, dan disitu tampilan layar LCD akan menyesuaikan tanpa jeda instan, sehingga kita benar merasa sedang mengamati di dalam dunia virtual tersebut. Selain itu ada juga sensor yang mendeteksi posisi kepala (dan tubuh), sehingga ketika tubuh kita bergerak ke kanan, kiri depan atau belakang kita benar-benar merasa sedang berjalan-jalan di dalam dunia virtual tersebut.

Kegunaan Oculus Rift
Oculus Rift diciptakan oleh Palmer Luckey awalnya khusus untuk para gamers. Sejak awal diluncurkannya dalam Kickstarter ia mendapat donasi dari backer (donator) yang sebagian besar adalah maniak game. Dan memang Oculus Rift ditujukan awalnya untuk main game, sebagai pengganti layar. Maka tak heran visi utamanya awalnya adalah “satu langkah masuk ke dalam dunia game” karena pengguna akan merasakan benar-benar dalam dunia game.

Seiring dengan semakin viralnya Oculus Rift, akhirnya Mark Zuck – pemilik Facebook – membelinya dengan nilai USD $2 Milyar. Meski banyak yang menyayangkan pembelian itu, pada akhirnya banyak juga yang menyadari dengan dana tak terbatas dari Facebook, Oculus dapat mempercepat rilis produknya dan juga yang paling penting, Oculus Rift tidak hanya akan digunakan di dunia game, tapi juga dapat diimplementasikan di bidang lainnya.

Aplikasi Oculus Rift antara lain adalah :
Game : pemain game benar-benar merasa hadir dalam game. Dengan desain game stereo (mata kiri dan mata kanan memiliki tampilan sendiri) dan offset yang diukur dengan tepat, maka akan meningkatkan level kehadiran pemain dalam game. Bahkan dari beberapa review pemain game sering lupa bahwa dia berada dalam game.
Tour Wisata : Tidak perlu repot-repot pesan hotel dan tiket pesawat. Kalau anda bisa merasa seakan-akan berada di Tokyo atau Berlin seperti itu sudah cukup bukan ? Pasang Oculus Rift dan nikmati feel (perasaan) berada di belahan dunia lain tanpa perlu keluar dari rumah. Dengan desain video 360 derajat dan stereoyang
Kedokteran : Oculus Rift digunakan bagi mahasiswa untuk melihat pembedahan secara langsung dari mata pertama, seakan-akan dia yang melakukan pembedahan.
Tele Presence.

Leap Motion


Apakah itu leap motion?  Leap motion merupakan perangkat dengan sensor gerak tangan, jari dan benda ( pensil / sumpit) sebagai input namun tanpa memerluka kontak langsung ( yang bisa dilakukan oleh Mouse, Leap Motion dapat lakukan ).
Leap Motion Inc mengumumkan produk pertamanya pada 21 Mei 2012, ditemukan oleh David Holz dan Michael Buckwald. Tujuanya adalah menggantikan fungsi keyboard dan mouse yang memungkinkan pengguna menjelajahi komputer hanya dengan gerakan jari.
Bentuk leap motion (Leap Motion Controller) terbilang sangat simple dan mudah dalam menggunakanya yaitu dengan menyambungkan kable USB 2.0 dan menghadapkan ke atas, bentuknya hanya sebesar Modem. Leap Motion Controller dilengkapi dengan dua kamera IR monokromatik dan tiga LED inframerah. Perangkat ini mengamati area sekitar setengah bola , dengan jarak sekitar 1 meter ( 3 kaki ). LED menghasilkan pola 3D dari titik-titik cahaya dan kamera menghasilkan hampir 300 frame per detik (FPS), yang kemudian dikirim melalui kabel USB ke computer. Leap Motion dapat  mengamati jari ( atau barang serupa seperti pencil ) yang melewati ke daerah pengamatan, dengan keakuratan sekitar 0,01 mm.
Leap motion mencapai Gerak Pengendali kinerja terbaik dalam lingkungan tanpa sumber cahaya inframerah eksternal  “Sumber tersebut termasuk jendela di siang hari dan sekitar halogen atau lampu pijar”.
Leap Motion bukanlah Pointing Device biasa, dengan LED Inframerah yang terpasang pada Leap Motion Controller alat ini dapat mendeteksi kesepuluh jari kita dan juga dapat mendeteksi benda-benda kecil yang kita gunakan. Perangkat ini juga dapat mendeskripsikan bentuk-bentuk tangan kita, dari melebar, mengepal, merapatkan jari, melebarkan jari dll.
Pada sebuah demonstrasi menunjukkan apa saja yang dapat dilakukan leap motion
                   
1.      Leap di tunjukan untuk navigasi navigasi situs web hanya dengan menggerakan jari anda.




2.      Leap Motion juga dapat digunakan untuk gerakan pinch-to – zoom pada peta google earth, gambar presisi tinggi.



3.      dan memanipulasi data yang visualisasi 3D yang kompleks



4.      serta kenyamannya dalam bermain game.







5.      Anda juga dapat menggambar atau mendesain dengan bantuan benda kecil


CEO Leap Motion Michael Buckwald mengatakan" Kami ingin ada perubahan - dunia aplikasi yang secara fundamental mengubah cara orang berinteraksi dengan sistem operasi atau menelusuri Web. Tujuannya adalah untuk mengubah cara orang berinteraksi dengan komputer dan untuk melakukannya dengan cara yang sama dengan yang mouse lakukan, baik dari kasus penggunaan yang paling dasar sampai ke kasus penggunaan yang paling canggih yang dapat Anda bayangkan untuk teknologi komputasi.
Rencananya leap motion akan dilengkapi dengan Virtual Keyboard. Hal ini bertujuan agar leap motion multi fungsi dan dapat menggantikan fungsi dari keyboard dan mouse.


Leap Motion akan dipasarkan pada pertengahan 2014, namun jika anda tertarik dan ingin mempunyai perangkat  ini lebih cepat, Leap Motion Inc menerima pre-order mulai hari senin 21 Mei 2012 dengan harga sekitar $79 dan proses pengiriman dilakukan pada 21 Juli 2013.

Leap Motion menyediakan Software Development Kit (SDK) untuk membantu pengembang menciptakan aplikasi atau game berbasis Leap Motion.


Intel Real Sense Technology

Intel Real Sense 3D Camera adalah teknologi kamera yang mampu merespon tangan , lengan , dan gerakan kepala serta ekspresi wajah. kemampuan kamera Real Sense ini dapat mendeteksi 22 sendi di satu telapak tangan kita dan juga bisa mendeteksi kedalaman 3 Dimensi.
Rahasia dari kecanggihan teknologi real sense adalah perangkat dengan kamera Intel RealSense 3D memiliki tiga lensa. Jadi terdapat 3 kamera yang saling terintegrasi, tiga kamera tersebut adalah kamera konvensional , kamera inframerah , dan laser proyektor inframerah . Bersama-sama , ketiga lensa kamera tersebut memungkinkan perangkat untuk menyimpulkan kedalaman dengan mendeteksi cahaya inframerah dari benda-benda yang ada di depannya . kemudian data visual yang diambil dikombinasi dengan software pelacak gerak Intel RealSense.

Smart Terrain

Smart Terrain, fitur dari Vuforia SDK adalah kemampuan visi terobosan yang memungkinkan tingkat baru perendaman dalam augmented reality pengalaman gaming . Pintar Terrain memungkinkan Anda untuk merekonstruksi dan meningkatkan lingkungan fisik Anda , untuk membuat jenis baru dari game dan visualisasi aplikasi . Pengembangan aplikasi adalah melalui authoring alur kerja sederhana dan - event model pemrograman yang konsisten dengan dan mirip.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar